Sabtu, 29 Mei 2010

Setetes Embun Filsafat Barat

Rene Descrates

- Kesangsian Metodis. Sangsi akan segala hal, supaya tinggal diterima hal yang betul-betul pasti, sehingga dapat terjadi suatu sistem filsafat seperti suatu sistem ilmu pasti. Yaitu suatu sistem yang berdasarkan aksioma-aksioma, dan tersusun menurut langkah-langkah logis.
- Cogito ergo sum. Subyek yang sedang berfikir menjadi titik pangkal filsafat Descrates. Kata dia, kalau saya raga akan segalanya, saya masih punya kepastian tentang kesangsian saya. Maka, saya sedang berfikir.
- Subyek sebagai pusat. Manusia sendiri menjadi kekuasaan yang membawa, memikul kenyataan. Manusia yang berfikir merupakan pusat dunianya.
- Ide-ide yang jelas dan tegas. Ide tentang aku berfikir maka aku ada adalah ide yang jelas dan tegas. Dan semua hal yang saya punya sebagai ide-ide yang jelas dan tegas, itu pasti.Akal, rasio mencapai kepastian ini tanpa pertolongan apapun.
- Dualisme. Salah-satu dari ide-ide yang jelas dan tegas adalah memang ada tiga subtansi yakni, Allah, pemikiran (cogitatio), dan keluasan (extensio). Pemikiran itu bidang psikologi, bidang jiwa. Sedangkan keluasan itu bidang ilmu alam, bidang materi.

Baruch Spinoza

- Rasionalisme dan mistik.
- Allah = Alam = satu subtansi. Segala sesuatu itu termuat dalam Allah-Alam. Allah itu sama dengan aturan alam. Kehendak Allah, aturan Allah adalah kehendak alam, aturan alam dan hukum-hukum alam.penyelenggaraan itu sama dengan keperluan mutlak, sama dengan nasib. Cinta kepada Allah itu sama dengan cinta kepada nasib, Amor Dei = Amor Fati
- Etika. Kebahagian itu sama dengan kebebasan. Kebebasan memilih memang tidak ada. Kebebasan menurut Spinoza adalah kebebasan untuk perasaan. Perasaan ini dapat dicapai dengan pengertian. Kalau berkat pengertiannya manusia bebas dari semua gerak emosional, maka dia ‘merasa bebas’. Kebahagian itu kebebasan. Kebabasan itu mengerti keperluan dan mengerti keperluan itu kemerdekaan dari emosi-emosi. Kebebasan itu hanya menyesuaikan diri dengan keseluruhan.
- Ada tiga jenis pengetahuan. Pengetahuan pancaindera, pengetahuan akal budi dan pengetahuan intuitif. Yang ketiga ini adalah yang paling sempurna. Orang yang mencapai pengetahuan ini melihat sesuatu dengan perspektif keabadian. Pengetahuan ini, yakni kontemplasi, memberi persesuaian dengan keselurahan. Sebagai hasilnya ialah kebebasan dan kebahagiaan.



Gotfried Wilhelm Leibniz

- Monadologi. Spinoza mengakui hanya ada satu subtansi Alam atau Allah, Descrates mengakui tiga subtansi, Allah, Pemikiran dan Keluasan. Tidak demikian dengan Leibniz. Baginya jumlah subtansi itu tak terhingga besarnya. Kenyataan terdiri dari monade-monade: bagian-bagian paling kecil, yang semua merupakan subtansi-subtansi. Monade-monade itu seperti jiwa-jiwa, karena semua monade memunyai kesadaran. Namun monade dari taraf anorganik memunyai kesadaran hanya dalam keadaan mimpi. Monade-monade pada hewan dan tumbuhan sudah lebih tinggi. Manusia terdiri dari monade-monade yang sangat tinggi. Sementara Allah adalah monade yang paling tinggi.
- Theodicee. Lebniz menciptakan kata teodise, “Pembenaran Allah” terhadap kejahatan. Lebniz menerangkan kebaikan Allah tidak bertentangan dengan adanya kejahatan. Kebebasan manusia tidak bertentangan dengan kemahakuasaan Allah.
- Dinamisme. Segala sesuatu pada hakikatnya adalah energi, kehendak dan kekuatan.

Blaise Pascal

- Anti Rasionalisme. Ada yang lebih penting daripada rasio, yakni logika hati. Hati memunyai alasan-alasan yang sama sekali tidak diketahui oleh akal. Perbuatan paling tertinggi dari akal adalah mengakui bahwa kadang-kadang akal itu terbatas. Akal hanya salah-satu sumber pengetahuan. Ada sumberlain yang lebih penting yakni pengetahuan intuitif. Pengetahuan ini disebut hati (coeur), intelligence, dan logika hati. Pengetahuan ini adalah intuitif, irasional dan dapat dikenal melalui rasa kepastian yang selalu berhubungan dengan pengetahuan ini.
- Pascal tidak ingin mengadu domba antara filsafat dan teologi melainkan antara akal budi dan hati, raison dan couer. Pascal mau mengatakan, manusia bisa bertemu dengan Allah dalam hatinya.

Empirisme adalah aliran pemikiran dalam filsafat yang menekankan peraman empiria (pengalaman inderawi). Empirisme di rintis oleh Francis Bacon dan Thomas Hobes. Kemudian menjadi penting berkat John Locke.

John Locke
- Segala sesuatu dalam pikiran saya berasal dari pengalaman inderawi, bukan dari akal budi. Otak seperti sehelai kertas putih. Melalui pengalaman, helai kertas itu diisi.
- Pengalaman lahiriah dan pengalaman batin. Menurut Locke, semua pengetahuan itu berasal dari pengalaman lahiriah (dari sense atau external sense) atau pengalaman batin (internal sense atau reflexion). Yang lahiriah memberi informasi tentang dunia di luar kita, yang batin tentang dunia dalam kita, yaitu jiwa. Pengalaman lahiriah, sensation itu dari sifat-sifat seperti ‘keluasan’, ‘bentuk’, ‘jumlah’ dan ‘gerak’. Pengalaman batin itu terjadi kalau kesadaran melihat keaktifannya sendiri. Dengan cara ini terjadi “ingat”, ‘memerbandingkan’, ‘menghendaki’ dan seterusnya.
- Simple ideas dan complex ideas. Isi otak ini terdiri dari ide-ide. Simple ideas berasal secara langsung dari pengalaman inderawi. Complex ideas hanya berupa hubungan-hubungan dari ide-ide tunggal. Misalnya sebab, relasi, dan sebagainya. Tidak dilihat secara langsung tapi dilihat melalui kombinasi ide-ide tunggal.

George Berkeley

- Plato telah mengajarkan bahwa kenyataan terdiri dari dua dunia, yakni dunia ide-ide dan dunia material, yang merupakan bayangan dari dunia ide-ide. Sejak itu, percobaan menerangkan antara keduanya, antara ide dan materi, jiwa dan badan, pemikiran dan keluasan, bentuk dan materi, spiritual dan material tersu dilakukan. Percobaa-percoabaan ini sering menghasilkan dualisme, yang sering berat sebelah. Pada Berkeley, ini hanya ada kesadaran saja. Karena itu, filsafatnya sering disebut ‘spiritualisme’.
- Pada Berkeley, maeri dikeluarkan. Perbedaan antara materi dan jiwa tidak ada. Locke yang mengatakan bahwa semua pengetahuan itu berasal dari pengalaman. Pikiran ini diteruskan Berkeley: pengalaman itu tidak disebabkan oleh sesuatu di luar kita. Sebab tak ada sesuatu di luar kesadaran kita. Benda-benda hanya ada kalau diamati. Sesuatu yang tidak diamati,sama sekali tidak ada.
- Esse est percipi. Apakah tidak ada kalau kita tidur? Matahari tetap ada karena ada masih tetap diamati oleh orang lain. Dan akhirnya segala sesuatu yang ada diamati oleh Allah. Sehinga kontinuitas tetap terjaga. Kalau saya tidak mengamati apa-apa, “kesadaran pada umumnya” masih tetap aktif. Sehingga benar-benar bahwa esse est percipi “ada itu: diamati”.

David Humu

- Skeptisisme. Hum meneruskan pikiran Locke dan Berkeley hingga batas di mana empirisme menjadi agak mustahil. Ia juga empiris terakhir. Filsafatnya skeptisistis. Dunia material sudah dicoret oleh Berkeley. Sekarang juga subjek yang sedang mengamati dicoret oleh Hume, Aku sebagai pusat pengalaman, kesadaran, pemikiran dan perasaan, menurut Hume hanya satu rangkaian ‘kesan-kesan’, impressions. Impressions ini merupakan ‘bahan’ dari mana isi pengetahuan tersusun. Pikiran-pikiran itu hanya sisa-sisa pengalaman inderawi. Dan sisa-sisa itu adalah kesan-kesan. Dari kesan-kesan itu dapat disusun connexions dan associations oleh keatifan kehendak kita. Namun keaktivan kehendak ini tidak berarti banyak. Sebab kesadaran manusiawi ini bukanlah ‘jiwa’, melainkan hanya deretan kontinue dari kesan-kesan. Berdasarkan pendapat ini, Hume disebut sebagai wakil pertama psikologi tanpa jiwa.
- Agama. Dalam bidang etika dan agama pun Hume cukup skeptis. Kata Hume, secara teoritis tidak dapat dibuktikan apa-apa dari perkataan tentang agama dan etika. Kepentingan agama hanya dapat dibuktikan secara teoritis. Dia membedakan agama menjadi dua. Natural religion yang berasal dari akal budi dan agama rakyat yang penuh fanatisme. Natural religion itu mempunyai nilai, tapi agama rakyat itu hanya berbahaya.

J.J Rouseau

- Kebudayaan melawan alam. Menurut Rouseau, manusia justru terasingkan dari dirinya sendiri oleh kemajuan ilmiah dan oleh kemajuan pada umumnya. Untuk menjadi sembuh dari alienasi ini manusia harus kembali ke keadaan alamiah.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html