Selasa, 06 Desember 2011

Catatan Terakhir III

MS Wibowo (1985-2011)

Ciputat, Legoso, Kamar Instalasi 6 Desember 2011, 21.43

Menyimpan dendam adalah menggenggam bara. Aku yang berperasaan amat peka, tak bertangan besi. Bara panas membakarku sendiri. Bara melunyah tanganku.

Sebab itu aku gampang memaafkan seseorang. Sebab itu aku diremehkan orang. Sebab itu aku mengutuki diri sendiri. Semua jadi salahku.

Tapi apa boleh buat. Kalau dendam kupertahankan, perasaanku yang terbakar berkobar-kobar, pikiranku dari bubuk mesiu meledak-ledak. Jiwaku terhuyung-huyung. Ragaku terkatung-katung.

Semestinya aku cinta damai. Dan asal kau tahu, orang yang cinta damai biasanya menyimpan dendam pada mereka pembuat onar. Itu ada padaku. Menyimpan dendam pada orang yang telah membuat onar suasana hatiku. Jika aku tak mampu memadamkan dendam ini, biarlah membakarku. Dan aku mati.

Walau cahaya semangat, entah dari mana asalnya, kurasakan sedang menyengat. Berteriak melarangku melakukan bunuh diri.

Salahku terlahir lemah, namun banyak pujian dan sanjungan terhadapku. “Masa seorang Bowo frustasi? Mana kehebatan Bowo yang dulu kusaksikan? Semangat Wo!!! Kamu hebat. Kamu Pintar. Kamu pasti bisa. Karena kamu pintar.” Sanjungan yang salah alamat. Aku dilihat luar begitu kuat, tapi rapuh di dalam. Aku membenci diri sendiri.

Aku juga tak paham, kenapa aku begitu terlihat punya kharisma bagi orang yang belum kenal dalamku. Terlihat begitu hebat dan kuat. Mereka menganggapku singa, aku menganggap diriku elang. Padahal aku adalah kucing. Kucing yang manis, imut, lucu, haus kasih sayang dan manja. Dan layaknya kucing, setiap kali berhubungan selalu membuat onar. Selalu bertengkar. Keributan yang mengundang pandang mata orang. mengganggu tidurnya hening. Aku membenci diriku sendiri.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html