Senin, 29 Oktober 2018

Meluncur ke Banten Lama part 6: Benteng Speelwijk



Dari Keraton Kaibon yang dihancurkan Belanda pada 1832 M, kita mundur ke kampung Pamarican, Serang, Banten. Di sana ada benteng Speelwijk. Belanda mendapat lampu hijau pembangunan benteng ini pada 1585 sebagai balas jasa karena telah membantu Sultan Haji merebut tahta dari ayahnya Sultan Ageng Tirtayasa.
Sebenarnya, benteng ini tegak bukan di atas tanah kosong. Terdapat reruntuhan sisi utara tembok keliling kota Banten. Belanda sengaja menimpanya juga sebagai simbol bahwa mereka telah memiliki kuasa di wilayah ini.
Nama Speelwijk sendiri disematkan sebagai penghormatan kepada GubernurJenderal Cornellis Janzoon Speelman yang bertugas di sana antara tahun 1681-1684. Dia tentu orang yang dianggap punya jasa besar bagi Belanda.
Setelah ratusan tahun lamanya, Benteng Speelwijk masih tegak dengan menyisakan beberapa bangunan utama. Bahan baku benteng ini adalah batu, pasir dan karang. Di bagian tertentu ada yang menggunakan batu bata.

Ada empat buah bastion, ruang jaga, gudang penyimpanan logistik, serta ruang bawah tanah atau bawah benteng. Untuk masuk ke sana kita melewati lorong yang cukup panjang dengan dua kali belokan. 
Ada yang menyebut sebagai gudang amunisi, ada juga yang meyakini sebagai penjara.  Pada atapnya, terdapat dua lobang berbentuk kotak untuk sirkulasi udara selebar kurang lebih 30x30cm. Di atas atap itu pula terdapat terhampar ruang cukup luas di kelilingi benteng. Di bagian sudut sebuah menara. Entah itu kapel tempat berdoa atau menara pengintai.
Benteng ini berbentuk segi empat dengan tiap sudut terdapat ruang pengintai. Benteng ini juga dikelilingi sungai. Area dalam benteng cukup luas terhampar kosong. Masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai lapangan bola.



0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html